Sabtu, 29 Desember 2012

Tutorial Movie Maker




i Tips n Trik kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan movie maker di Windows 7. Caranya sebenarnya sama saja seperti di Xp dan Vista. Cuma di windows 7 Movie Maker tidak disediakan jadi kita harus meninstallnya dulu. Buat yang belum punya mentahannya kalian bisa download DISINI  . Buat yang belum tahu movie maker pasti bertanya2 apakah movie maker itu? Movie Maker adalah software untuk editing video. Movie Maker sangat mudah untuk digunakan karena movie maker dibuat untuk para pemula yang ingin belajar editing video. Jika sudah merasa mahir menggunakan movie maker,  kalian bisa belajar memakai Adobe Premiere. Adobe Premiere itu juga software untuk editing video tapi lebih sulit akan tetapi efek2 yang disajikan dalam Adobe Premeire lebih banyak. Kebanyakan para editor handal untuk editing video menggunakan adobe premiere dan untuk Titlingnya menggunakan Adobe After Efect. Untuk belajar menggunakan Adobe Premiere saya akan menerangkannya lain waktu.
Berikut adalah langakah dalam menggunakan Movie Maker :

1. Klik start kemudian buka Movie Maker ,tampilan yang akan keluar seperti di bawah ini













2. Klik import video kemudian pilih video yang anda inginkan












3.Kemudian drag (tarik) video anda ke  kolom yang bertuliskan video












NB : Jika video yang di importkan terpotong seperti dalam lingkarang merah yg besar diatas draglah secara bersamaan, caranya block video terpotong itu (ctrl +A) kemudian drag ke kolom video.
4.Jika ingin menambahkan tulisan pembuka dan penutup klik  make titles or credit 








5.Untuk menambahkan transisi pada video klik view video transitions








6. kemudian pilih trasisi yang anda inginkan dan drag di bagian video yang anda inginkan








7.Jika ingin menambahkan effect pada video seperti misalnya slow motion atau blur klik view video effects













NB :cara memasukkan effect ke video dengan cara drag juga, bisa di liat pada gambar diatas. Jika ada effect pada video maka aka nada gambar bintang.
8. Jika ingin menambahkan backsound pada video klik import  audio or music, caranya sama seperti memasukan video, anda drag ke kolom audio/music. Anda bisa menggeser2  posisinya juga nanti.
9.Jika ada sudah selesai mengedit simpanlah. Klik sace to My Computer








10. Kemudian klik next, dan setting kualitas video yang anda ingin kan. 








NB :
1.      Best fit to file size=untuk menentukan size video anda, saran saya jangan terlalu kecil sizenya karena akan mengurangi kualitas gambar video
2.      Other setting = pilihlah High Quality Video (Large)

Setelah itu next lagi dan tunggu video anda akan diproses. Kemudian silahkan lihat sendiri hasil editan video anda sendiri. Mudah kan….
Saya berikan contoh hasil editan video saya memakai movie maker, gambarnya mungkin kurang bagus karena kamera yang saya pakai kamera HP.

0 komentar:

Posting Komentar

daftar isi