Minggu, 18 November 2012

cara membuat kolom komentar bertingkat di blog


Banyak cara untuk membuat kolom komentar bertingkat di blogger, maksudnya bertingkat adalah antara kolom komentar pengunjung dengan kolom komentar admin tidak sejajar. Dengan fitur komentar bertingkat ini, kita dapat langsung menuliskan balasan komentar di bawah komentar pengunjung yang ingin kita balas dengan mengeklik link "Balas" yang ada di bawah komentar pengunjung tersebut. Nantinya, bila komentar balasan ini telah dipublikasikan maka komentar itu akan muncul di bawah komentar yang dibalas seperti halnya pada komentar blog WordPress.

Perlu diketahui, setelah kita menerapkan komentar bertingkat ini, mungkin ada aplikasi yang berkaitan dengan komentar menjadi tidak berfungsi lagi, seperti warna kotak komentar admin yang berbeda, emoticons, dan lain sebagainya.

Bagi yang menggunakan template bawaan Blogger dapat mencoba cara di bawah ini untuk mengaktifkan fitur komentar bertingkat.

1. Masuk ke akun Blogger Anda.
2. Setelah berada di laman Dasbor, klik menu "Setelan" kemudian pilih "Komentar". Pada bagian "Komentar" tentu saja pilih tampilkan. Sedangkan di bagian "Penempatan Formulir Komentar" pilih "Disematkan di bawah entri".


3. Selanjutnya klik tombol "SIMPAN SETELAN" yang berada pada bagian bawah laman.
4. Masih berada di menu "Setelan", silakan klik tab "Feed Situs". Pada bagian "Izinkan Feed Blog" pilih "Penuh".
5. Kemudian klik tombol "SIMPAN SETELAN".
6. Selanjutnya silakan cek komentar pada blog Anda, apakah sudah berganti menjadi komentar bertingkat atau belum.

Nah, bagi yang menggunakan template modifikasi atau template hasil men-download dari pihak ke-tiga, bisa menyimak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Ikuti langkah-langkah di atas.
2. Klik Rancangan >> Edit HTML.
3. Klik Download Template Lengkap untuk membuat salinan template. Hal ini untuk berjaga-jaga jika nanti terjadi kesalahan, kita sudah mempunyai backup sehingga dengan mudah mengembalikan template seperti semula.
4. Beri tanda centang pada "Expand Template Widget".
5. Silakan cari kode <b:include data='post' name='comments'/>

Bila Anda menggunakan peramban web Mozilla Firefox, Anda dapat menekan tombol Ctrl + F pada keyboard. Kemudian copy kode yang akan dicari tersebut dan paste di kotak yang tersedia, kemudian klik tab "Sorot semuanya". Nah, sekarang kode-kode yang dicari akan mempunyai warna latar belakang teks berwarna ungu. Kode tersebut ada yang berjumlah 3, ada juga yang berjumlah 4, tergantung pada template yang dipakai.
Klik "Sorot semuanya".

6. Silakan ganti semua kode pada langkah nomor 5 yang ditemukan dengan kode di bawah ini.

<b:if cond='data:post.showThreadedComments'>
<b:include data='post' name='threaded_comments'/>
<b:else/>
<b:include data='post' name='comments'/>
</b:if>

7. Klik tombol "SIMPAN TEMPLATE".
8. Silakan lihat komentar blog Anda, apakah sudah mengalami perubahan menjadi komentar bertingkat atau belum.

1 komentar:

cahya mengatakan...

kala copas izin dulu bos

Posting Komentar

daftar isi